Monday, July 6, 2009

Agar Tulisan Enak Dibaca


Bagi sebagian orang, menulis merupakan kegiatan yang sulit dilakukan. Terkadang mereka memiliki ide di dalam kepala, tetapi tidak dapat menterjemahkannya ke dalam sebuah tulisan. Apakah Anda termasuk kategori orang yang seperti itu?

Menulis memang bukan perkara mudah, Banyak orang yang mengganggap menulis itu mudah. Padahal belum tentu tulisannya dapat mudah dipahami oleh orang lain (pembaca). Sebab, salah satu syarat baik atau tidaknya tulisan adalah ketika tulisan Anda dibaca dan dimengerti oleh pembaca.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara rajin membaca artikel atau berbagai macam buku sumber bacaan, terutama yang berhubungan dengan topik yang akan anda tulis.

Semakin rajin membaca buku, maka pengetahuan dan konsep anda tentang sebuah topik akan semakin luas dan dalam.

Setelah itu, Anda dapat membuat semacam kerangka tulisan. Hal ini dilakukan agar tulisan anda tersusun dengan baik. Selain itu, sebaiknya anda tidak menulis secara bertele-tele. Pastikan tulisan Anda singkat, padat, dan jelas.

Jangan lupa juga menggunakan tanda baca dan jeda antar paragraf yang tepat. Jangan sampai Anda menulis sebuah paragraf tanpa ada tanda baca seperti titik /koma atau membuat satu paragraf yang terdiri dari kalimat yang sangat banyak.

Agar tulisan Anda berhasil menarik perhatian pembaca, sebaiknya Anda memberikan judul yang menarik, namun yang perlu diingat, jangan sampai judul yang Anda buat terkesan terlalu berlebihan. Sebab, Anda harus mempertanggungjawabkan dengan isi tulisan anda nantinya.

Jangan lupa juga untuk membuat paragraf pembuka (lead) yang menarik. Lead yang menarik adalah (lead) yang berisi informasi atau fakta yang menarik atau bahkan mencengangkan.

Terakhir, sebelum tulisan Anda dibaca orang lain, sebaiknya Anda membaca kembali tulisan tersebut. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan tulisan dan bertanya kepada diri sendiri, apakah tulisan tersebut 'enak' dibaca ?

Selamat Menuslis.


KOMPAS KLASIKA Senin, 6 Juli 2009

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP